Saturday, February 9, 2013

Mengelola Sistem Global

1. Pertumbuhan Sistem Informasi Internasional

Munculnya sistem perekonomian global yang dipicu oleh jaringan dan system informasi yang canggih. Tatanan dunia baru berpengaruh terhadap banyak sekali perusahaan nasional, industri nasional, dan perekonomian nasionalyang dikendalikan oleh para politikus setempat. Banyak perusahaan lokal akan tergantikan dengan perusahaan yang memiliki jaringan yang dapat bertumbuh pesat yang dapat melintas batas antarnegara. Pertumbuhan  perdagangan internasional telah mengubah perekonomian lokal diseluruh dunia dengan begitu hebatnya.

Mengembangkan arsitektur system informasi internasional

            Arsitektur system informasi internasional terdiri atas sistem informasi dasar yang dibutuhkan oleh organisasi dalam mengoordinasikan perdagangan dunia dan berbagai aktivitas lainnya.
            Strategi dasar yang perlu diikuti saat membuat sebuah sistem internasional adalah memahami lingkungan global dimana perusahaan beroperasi. Ini berarti memahami kekuatan pasar secara keseluruhan , atau penggerak bisnis, yang mendorong industri kea rah kompetisi global. Penggerak bisnis adalah kekuatan dalam lingkungan yang harus direspon perusahaan dan yang memengaruhi arah gerak perusahaan. Setelah mengaji lingkungan global, selanjutnya memikirkan strategi perusahaan untuk berkompetensi dalam lingkungan tersebut. Bagaimana perusahaan akan meresponya, dapat mengabaikan pasar global dan berfokus pada kompetensi domestik saja, menjual keseluruh dunia dari pusat domestik, atau mengatur produksi dan distribusi diseluruh dunia. 

            Setelah mengembangkan strategi perusahaan, sekarang saatnya untuk memikirkan bagaimana menyusun struktur organisasi sehingga strategi tersebut dapat dicapai. Bagaimana melakukan pembagian tenaga kerja dalam sebuah lingkungan global ? dimana fungsi produksi, administrasi, akuntansi, pemasaran, dan sumber daya manusia akan ditempatkan ? siapa yang akan menagani fungsi – fungsi system ?
            Berikutnya memikirkan isu – isu manajemen dalam menerapkan strategi dan membuat rancangan organisasi menjadi dapat direalisasikan. Kunci utamanya adalah rancangan prosedur bisnis. Bagaimana menemukan dan mengelola kebutuhan pengguna?  Bagaimana memperkenalkan perubahan untuk menyesuaikan diri terhadap kebutuhan dunia internasional ? bagaimana melakukan rekayasa ulang pada skala global, dan bagaimana mengoordinasikan pengembangan system ?
            Isu terakhir yang perlu diperhatikan adalah platform teknologi. Meskipun teknologi yang berubah adalah faktor penggerak yang penting kearah pasar global. Perlu memiliki strategi dan struktur perusahaan terlebih dahulu sebelum dapat memilih teknologi yang tepat secara rasional.

Lingkungan global : penggerak dan tantangan bisnis

            Penggerak bisnis global dapat dibagi ke dalam 2 kelompok : factor budaya umum dan factor bisnis khusus. Beberapa factor budaya umum yang mudah dikenali telah menggerakkan internasionalisasi sejak perang dunia ke 2. Teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi telah menciptakan desa global dimana komunikasi ( dengan telpon, TV, radio atau jaringan computer ) diseluruh dunia tidak lagi sulit dan tidak lebih mahal dari pada komunikasi secara langsung.
            Kebudayaan global yang dibentuk oleh TV, internet, dan media global lainnya seperti flim yang saat ini membuat berbagai budaya dan orang mengembangkan ekspektasi – ekspektasi yang benar dan salah, yang baik dan tidak baik.
            Perkembangan dasar ilmu pengetahuan global. Pada akhir perang dunia 2, pengetahuan, pendidikan, sains, dan keahlian industry sangat terkonsentralisasi di amerika serikat, eropa barat, dan jepang. Sementara sisanya sering disebut dunia ketiga. Tapi sekarang amerika latin, cina, india, asia tenggara, dan eropa timur telah mengembangkan pusat – pusat pendidikan, industry, dan penelitian yang sangat baik, sehingga membuat dasar ilmu pengetahuan senakin tersebar secara luas dan demokratis.
            Faktor – factor budaya umum ini menyebabkan internasionaisasi dalam beberapa factor globalisasi bisnis khusus yang memengaruhi hampir seluruh penindustrian. Perkembangan teknologi komunikasi yang canggih dan kemunculan budaya dunia menciptakan kondisi untuk pasar global. Konsumen global tertarik untuk mengonsumsi produk – produk yang mirip yang telah diterima dari sisi budaya. Untuk merespon permintaan ini, produksi dan operasi global telah bermunculan dengan koordinasi online yang presisi antara fasilitas produksi ditempat terpencil  dan kantor pusat yang berjarak ribuan mil.
            Pasar global yang baru dan tekanan terhadap produksi dan operasi global telah menghasilkan kemampuan baru untuk koordinasi global dari semua factor produksi. Tidak hanya produksi, tetapi juga akuntansi, pemasaran, dan penjualan, SDM, dan pengembangan system ( semua fungsi bisnis yang utama ) dapat dikoordinasikan pada skala global.
            Pasar produksi , dan administrasi global menciptakan kondisi untuk skala ekonomi global yang berkesinambungan dan sangat kuat. Produksi digerakkan oleh permintaan global dapat dipusatkan ditempat – tempat yang mampu melaksanakannya dengan paling baik, sumber – sumber daya tetap dapat dialokasikan untuk produksi berskala besar, dan produksi yang dilaksanakan di pabrik – pabrik besar dapat dujadwalakan secara lebih efesien dan diestimasi dengan lebih presisi.
   
Penggerak bisnis global

Tantangan dan rintangan bagi system bisnis global

  1. Tantangan budaya

§  Perbedaan bahasa
§  Ketertarikan budaya
§  Agama
§  Kebiasaan
§  Perilaku sosial
§  Filosofi politik
  1. Tantangan politik
§  Perbedaan peraturan tentang transfer data lintas negara
§  Peraturan perpajakan, larangan impor hardware dan software
  1. Tantangan ekonomi
§  masih sulitnya berkomunikasi secara real time di seluruh zona waktu dunia
§  sulit mendapatkan layanan telepon dan    telekomunikasi yang berkualitas bagus di seluruh dunia
§  Perbedaan biaya hidup dan biaya tenaga kerja

2.   Mengelola Sistem Informasi Internasional

Strategi  Global dan organisasi Bisnis

 
              Empat strategi global utama menjadi basis struktur organisasional perusahaan global, yaitu eksportir domestic, multinasional, pewaralaba, dan lintas Negara.


            Strategi eksportir domestik dicirikan dengan terpusatnya aktivitas perusahaan dinegara asal perusahaan tersebut. Hampir semua perusahaan internasional dimulai dengan cara ini, kemudian beberapa berubah ke bentuk lainnya. Produksi, keuangan/ akuntansi, penjualan/ pemasaran, SDM, dan manajemen strategis diatur untuk mengoptimalkan sumber daya dinegara asal. Penjualan internasional terkadang dilangsungkan menggunakan perjanjian agensi atau anak perusahaan, tapi pemasaran luar negeri ini lebih bergantung pada dasar dan strategi pemasaran dinegara asal.
            Strategi multinasional memusatkan manajemen keuangan dan pengendalian diluar Negara asal sementara melakukan desentralisasi dalam operasi produksi, penjualan, dan pemasaran kepada unit – unit di Negara – Negara lain. Produk dan layanan penjualan diberbagai Negara disesuaikan dengan kondisi pasar setempat. Organisasi menjadi suatu kumpulan dari fasilitas produksi dan pemasaran dinegara – Negara jauh. Banyak perusahaan layanan keuangan dan juga perusahaan manufaktur besar.
            Pewaralaba merupakan penggabungan yang menarik dari hal yang baru dan yang lama. Disatu sisi, produk diciptakan, dirancang, dibiayai, dan di produksi pertama kalinya dinegara asal, tetapi untuk alas an – alas an khusus terhadap produk tertentu harus disesuaikan dengan personel luar negeri untuk memperluas proses produksi, pemasaran, dan sumber daya manusianya.
            Perusahaan lintas Negara tidak memiliki Negara asal dan benar – benar diatur secara global dan akan menjadi bagian yang besar dari bisnis internasional dimasa yang akan datang. Perusahaan lintas  Negara tidak memiliki kator pusat tunggal, tetapi memiliki banyak kantor pusat dan mungkin juga sebuah kantor pusat dunia. Dalam strategi lintas Negara, hampir semua aktivitas yang dapat memberikan nilai tambah diatur dari persepektif global tanpa memandang batas – batas nasional, mengoptimalkan sumber dari pasokan dan permintaan diamana pun keduanya mereka muncul memanfaatkan kesempatan dari keunggulan kompetithif lokal.

Struktur dan strategi bisnis global


Faktor pendorong aplikasi bisnis global

  • Pelanggan global: TI global dapat membantu menyediakan layanan cepat dan nyaman kepada orang-orang atau perusahaan yang bepergian kemana saja dengan operasi global.
  • Produk global: produk sama diseluruh dunia atau dirakit oleh anak perusahaan di seluruh dunia. TI global dapat membantu mengelola pemasaran dan pengendalian kualitas di seluruh dunia
§  Operasi global: bagian-bagian dari proses produksi atau perakitan ditugaskan ke anak perusahaan berdasarkan pada perubahan ekonomi atau kondisi lainnya
§  Sumber daya global: penggunaan dan biaya dari perlengkapan, fasilitas, dan orang-orang di seluruh dunia dibagi bersama anak-anak perusahaan dari sebuah perusahaan global. TI global dapat menelusuri sumber daya yang dibagi semacam itu
§  Kerjasama global: pengetahuan dan keahlian para mitra kerja dalam perusahaan global dapat dengan cepat diakses, dibagi dan diatur untuk mendukung usaha perorangan atau kelompok. Hanya Ti global yang dapat membantu kerjasama tersebut.



3 comments:

  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete
  2. Coin Casino No Deposit Bonus Codes
    Find 인카지노 the best no deposit bonus codes and bonus codes for Coin Casino no deposit bonus in 2021. We list 바카라 사이트 the best casino offers with free spins and bonuses.Casino 카지노사이트 Promotion: Coin Casino Bonus Codes: 50 No Deposit Free SpinsCasino Promotion: Coin Casino Bonus Codes: 50 No Deposit Free Spins

    ReplyDelete
  3. Best Casino Near You in Maricopa, AZ - MapYRO
    Best Casino Near 하남 출장마사지 You · Casino, Raceway, 수원 출장마사지 Cherokee Casino, & Laughlin · Casino and Hotel · Casino in Laughlin, AR · Casino 하남 출장샵 at 전라남도 출장마사지 Harrah's 포천 출장마사지 Casino & Hotel · Casino

    ReplyDelete