Munculnya
sistem perekonomian global yang dipicu oleh jaringan dan system informasi yang
canggih. Tatanan dunia baru berpengaruh terhadap banyak sekali perusahaan
nasional, industri nasional, dan perekonomian nasionalyang dikendalikan oleh
para politikus setempat. Banyak perusahaan lokal akan tergantikan dengan
perusahaan yang memiliki jaringan yang dapat bertumbuh pesat yang dapat
melintas batas antarnegara. Pertumbuhan
perdagangan internasional telah mengubah perekonomian lokal diseluruh dunia
dengan begitu hebatnya.
Mengembangkan arsitektur system informasi internasional
Arsitektur
system informasi internasional terdiri atas sistem informasi dasar yang
dibutuhkan oleh organisasi dalam mengoordinasikan perdagangan dunia dan
berbagai aktivitas lainnya.
Strategi dasar yang perlu diikuti
saat membuat sebuah sistem internasional adalah memahami lingkungan global
dimana perusahaan beroperasi. Ini berarti memahami kekuatan pasar secara keseluruhan
, atau penggerak bisnis, yang mendorong industri kea rah kompetisi global. Penggerak bisnis adalah kekuatan dalam
lingkungan yang harus direspon perusahaan dan yang memengaruhi arah gerak
perusahaan. Setelah mengaji lingkungan global, selanjutnya memikirkan strategi perusahaan untuk berkompetensi
dalam lingkungan tersebut. Bagaimana perusahaan akan meresponya, dapat
mengabaikan pasar global dan berfokus pada kompetensi domestik saja, menjual
keseluruh dunia dari pusat domestik, atau mengatur produksi dan distribusi
diseluruh dunia.
Setelah mengembangkan strategi
perusahaan, sekarang saatnya untuk memikirkan bagaimana menyusun struktur organisasi sehingga strategi
tersebut dapat dicapai. Bagaimana melakukan pembagian tenaga kerja dalam sebuah
lingkungan global ? dimana fungsi produksi, administrasi, akuntansi, pemasaran,
dan sumber daya manusia akan ditempatkan ? siapa yang akan menagani fungsi –
fungsi system ?
Berikutnya memikirkan isu – isu manajemen dalam menerapkan
strategi dan membuat rancangan organisasi menjadi dapat direalisasikan. Kunci
utamanya adalah rancangan prosedur bisnis. Bagaimana menemukan dan mengelola
kebutuhan pengguna? Bagaimana
memperkenalkan perubahan untuk menyesuaikan diri terhadap kebutuhan dunia
internasional ? bagaimana melakukan rekayasa ulang pada skala global, dan
bagaimana mengoordinasikan pengembangan system ?
Isu terakhir yang perlu diperhatikan
adalah platform teknologi. Meskipun
teknologi yang berubah adalah faktor penggerak yang penting kearah pasar
global. Perlu memiliki strategi dan struktur perusahaan terlebih dahulu sebelum
dapat memilih teknologi yang tepat secara rasional.
Lingkungan global : penggerak dan
tantangan bisnis
Penggerak bisnis global dapat dibagi
ke dalam 2 kelompok : factor budaya umum dan factor bisnis khusus. Beberapa
factor budaya umum yang mudah dikenali telah menggerakkan internasionalisasi
sejak perang dunia ke 2. Teknologi
informasi, komunikasi, dan transportasi telah menciptakan desa global
dimana komunikasi ( dengan telpon, TV, radio atau jaringan computer ) diseluruh
dunia tidak lagi sulit dan tidak lebih mahal dari pada komunikasi secara
langsung.
Kebudayaan
global yang dibentuk oleh TV, internet, dan media global lainnya seperti
flim yang saat ini membuat berbagai budaya dan orang mengembangkan ekspektasi –
ekspektasi yang benar dan salah, yang baik dan tidak baik.
Perkembangan dasar ilmu pengetahuan global. Pada akhir perang dunia 2,
pengetahuan, pendidikan, sains, dan keahlian industry sangat terkonsentralisasi
di amerika serikat, eropa barat, dan jepang. Sementara sisanya sering disebut
dunia ketiga. Tapi sekarang amerika latin, cina, india, asia tenggara, dan
eropa timur telah mengembangkan pusat – pusat pendidikan, industry, dan
penelitian yang sangat baik, sehingga membuat dasar ilmu pengetahuan senakin
tersebar secara luas dan demokratis.
Faktor – factor budaya umum ini
menyebabkan internasionaisasi dalam beberapa factor globalisasi bisnis khusus
yang memengaruhi hampir seluruh penindustrian. Perkembangan teknologi
komunikasi yang canggih dan kemunculan budaya dunia menciptakan kondisi untuk pasar global. Konsumen global tertarik
untuk mengonsumsi produk – produk yang mirip yang telah diterima dari sisi
budaya. Untuk merespon permintaan ini, produksi
dan operasi global telah bermunculan dengan koordinasi online yang presisi
antara fasilitas produksi ditempat terpencil
dan kantor pusat yang berjarak ribuan mil.
Pasar global yang baru dan tekanan
terhadap produksi dan operasi global telah menghasilkan kemampuan baru untuk koordinasi global dari semua factor
produksi. Tidak hanya produksi, tetapi juga akuntansi, pemasaran, dan
penjualan, SDM, dan pengembangan system ( semua fungsi bisnis yang utama )
dapat dikoordinasikan pada skala global.
Pasar produksi , dan administrasi
global menciptakan kondisi untuk skala ekonomi global yang berkesinambungan dan
sangat kuat. Produksi digerakkan oleh permintaan global dapat dipusatkan
ditempat – tempat yang mampu melaksanakannya dengan paling baik, sumber –
sumber daya tetap dapat dialokasikan untuk produksi berskala besar, dan produksi
yang dilaksanakan di pabrik – pabrik besar dapat dujadwalakan secara lebih
efesien dan diestimasi dengan lebih presisi.
Penggerak bisnis global
Tantangan
dan rintangan bagi system bisnis global
- Tantangan budaya
§ Perbedaan
bahasa
§ Ketertarikan
budaya
§ Agama
§ Kebiasaan
§ Perilaku
sosial
§ Filosofi
politik
- Tantangan politik
§ Perbedaan
peraturan tentang transfer data lintas negara
§ Peraturan
perpajakan, larangan impor hardware dan software
- Tantangan ekonomi
§ masih
sulitnya berkomunikasi secara real time di seluruh zona waktu dunia
§ sulit
mendapatkan layanan telepon dan telekomunikasi
yang berkualitas bagus di seluruh dunia
§ Perbedaan
biaya hidup dan biaya tenaga kerja
2. Mengelola Sistem
Informasi Internasional
Strategi Global dan organisasi Bisnis
Empat strategi global utama
menjadi basis struktur organisasional perusahaan global, yaitu eksportir
domestic, multinasional, pewaralaba, dan lintas Negara.
Strategi
eksportir domestik dicirikan dengan
terpusatnya aktivitas perusahaan dinegara asal perusahaan tersebut. Hampir
semua perusahaan internasional dimulai dengan cara ini, kemudian beberapa
berubah ke bentuk lainnya. Produksi, keuangan/ akuntansi, penjualan/ pemasaran,
SDM, dan manajemen strategis diatur untuk mengoptimalkan sumber daya dinegara
asal. Penjualan internasional terkadang dilangsungkan menggunakan perjanjian
agensi atau anak perusahaan, tapi pemasaran luar negeri ini lebih bergantung
pada dasar dan strategi pemasaran dinegara asal.
Strategi
multinasional memusatkan manajemen
keuangan dan pengendalian diluar Negara asal sementara melakukan desentralisasi
dalam operasi produksi, penjualan, dan pemasaran kepada unit – unit di Negara –
Negara lain. Produk dan layanan penjualan diberbagai Negara disesuaikan dengan
kondisi pasar setempat. Organisasi menjadi suatu kumpulan dari fasilitas
produksi dan pemasaran dinegara – Negara jauh. Banyak perusahaan layanan
keuangan dan juga perusahaan manufaktur besar.
Pewaralaba merupakan penggabungan yang
menarik dari hal yang baru dan yang lama. Disatu sisi, produk diciptakan,
dirancang, dibiayai, dan di produksi pertama kalinya dinegara asal, tetapi
untuk alas an – alas an khusus terhadap produk tertentu harus disesuaikan
dengan personel luar negeri untuk memperluas proses produksi, pemasaran, dan
sumber daya manusianya.
Perusahaan
lintas Negara tidak memiliki Negara
asal dan benar – benar diatur secara global dan akan menjadi bagian yang besar
dari bisnis internasional dimasa yang akan datang. Perusahaan lintas Negara tidak memiliki kator pusat tunggal,
tetapi memiliki banyak kantor pusat dan mungkin juga sebuah kantor pusat dunia.
Dalam strategi lintas Negara, hampir semua aktivitas yang dapat memberikan
nilai tambah diatur dari persepektif global tanpa memandang batas – batas
nasional, mengoptimalkan sumber dari pasokan dan permintaan diamana pun
keduanya mereka muncul memanfaatkan kesempatan dari keunggulan kompetithif
lokal.
Struktur dan
strategi bisnis global
Faktor pendorong
aplikasi bisnis global
- Pelanggan global: TI global dapat membantu menyediakan layanan cepat dan nyaman kepada orang-orang atau perusahaan yang bepergian kemana saja dengan operasi global.
- Produk global: produk sama diseluruh dunia atau dirakit oleh anak perusahaan di seluruh dunia. TI global dapat membantu mengelola pemasaran dan pengendalian kualitas di seluruh dunia
§ Operasi global:
bagian-bagian dari proses produksi atau perakitan ditugaskan ke anak perusahaan
berdasarkan pada perubahan ekonomi atau kondisi lainnya
§ Sumber daya
global: penggunaan dan biaya dari perlengkapan, fasilitas, dan orang-orang di
seluruh dunia dibagi bersama anak-anak perusahaan dari sebuah perusahaan global.
TI global dapat menelusuri sumber daya yang dibagi semacam itu
§ Kerjasama
global: pengetahuan dan keahlian para mitra kerja dalam perusahaan global dapat
dengan cepat diakses, dibagi dan diatur untuk mendukung usaha perorangan atau
kelompok. Hanya Ti global yang dapat membantu kerjasama tersebut.
Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
ReplyDeletehingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009
Coin Casino No Deposit Bonus Codes
ReplyDeleteFind 인카지노 the best no deposit bonus codes and bonus codes for Coin Casino no deposit bonus in 2021. We list 바카라 사이트 the best casino offers with free spins and bonuses.Casino 카지노사이트 Promotion: Coin Casino Bonus Codes: 50 No Deposit Free SpinsCasino Promotion: Coin Casino Bonus Codes: 50 No Deposit Free Spins
Best Casino Near You in Maricopa, AZ - MapYRO
ReplyDeleteBest Casino Near 하남 출장마사지 You · Casino, Raceway, 수원 출장마사지 Cherokee Casino, & Laughlin · Casino and Hotel · Casino in Laughlin, AR · Casino 하남 출장샵 at 전라남도 출장마사지 Harrah's 포천 출장마사지 Casino & Hotel · Casino